MUGI Jadetabek Gathering (Sesi Hosted Exchange 2010)

Rabu, 27 Januari 2010 lalu ada sebuah acara komunitas yang mana saya turut berpartisipasi dalam satu sesi singkat untuk membawakan materi mengenai Exchange 2010 & OCS 2007 R2 as a Services atau dalam bahasa sehari-hari Hosted Exchange 2010 & Hosted OCS 2007 R2.

Mungkin buat sebagian orang, Hosted solution hanya sekedar menumpang infrastruktur, bayar bulanan dan bisa dinikmati. Namun, pada era Cloud Computing saat ini, ternyata banyak yang bisa dilakukan lebih dari hal diatas. Salah satu contoh yang saya bawakan adalah menunjukkan bahwa solusi yang selama ini menjadi menarik dan hanya bisa diimplementasikan di kelas Enterprise jika ingin mendapat semua fitur dan benefit yang ada, sudah bisa dinikmati oleh semua kalangan dengan solusi Cloud Computing ini. Lalu apa yang membedakan? Perbedaan mendasar hanya terletak pada posisi infrastruktur. Di sisi client, tidak ada bedanya karena bisa merasakan banyak fitur yang selama ini belum tentu bisa dinikmati. Tentunya semua untuk menjaga produktivitas bisnis.

Ya, itulah beberapa hal singkat yang bisa saya tunjukkan pada saat acara MUGI Jadetabek Gathering. Dihadiri sekitar 30 peserta dari berbagai kalangan, acara dimulai oleh presentasi Pak Rusdi mengenai Office 2010, dilanjutkan dengan makan malam bersama dan sesi berikutnya oleh Cak Eriawan yang membawakan materi F#. Sesi terakhir oleh saya sendiri mengenai Hosted Exchange 2010 & OCS 2007 R2. Dan terakhir ditutup dengan foto bersama.

Berikut adalah foto-foto yang sempat diabadikan:

Salam,

Raymond Engelbert

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *