Microsoft Lync, nama baru untuk OCS

Pada tanggal 13 September 2010 lalu, Microsoft mengumumkan versi Release Candidate (RC) dari Microsoft Lync, versi terbaru dari salah satu solusi Microsoft Unified Communications. Rilis pers mengenai berita Microsoft Lync ini bisa dibaca di http://www.microsoft.com/Presspass/press/2010/sep10/LyncPR.mspx.

Tapi tunggu dulu, pernahkah anda mendengar nama Microsoft Lync sebelumnya? Produk apakah itu?

Sebelumnya, beberapa dari anda mungkin sudah familiar dengan Microsoft Office Communications Server (yang dulu dikenal dengan nama Microsoft Live Communications Server). Versi terakhir dari produk ini adalah Microsoft Office Communications Server 2007 R2, yang mana mencakup:

Microsoft Office Communications Server 2007 R2 –> Server.

Microsoft Office Communicator 2007 R2 –> Client.

Microsoft Office Communications Online –> Service.

Microsoft Office Communicator Web Access –> Web Client.

Microsoft Office Communicator Mobile –> Mobile.

Nama produk-produk tersebut berdiri sendiri-sendiri berdasarkan fungsionalitasnya, sehingga terkadang kita mesti menjelaskan satu per satu sesuai dengan namanya. Oleh karena itu, banyak dari kita sering menerjemahkan kelima hal diatas kedalam satu kata yaitu OCS (kependekan dari Office Communications Server) supaya mempermudah komunikasi ataupun pembicaraan mengenai produk-produk tersebut. Sebagai contoh, untuk Communicator seringkali kita sebut OCS Client.

Atas dasar inilah, Microsoft membuat sebuah nama yang bisa digunakan untuk mewakili produk-produk tersebut. Pada akhirnya, nama yang dipilih adalah Lync. Pertanyaan berikutnya adalah mengapa nama Lync yang dipilih? Lync sendiri merupakan gabungan dari 2 kata yang menggambarkan solusi dari produk ini (Unified Communications) yang bertujuan untuk menyambungkan (Link) dan mensinkronkan (Sync) sehingga digabung menjadi Lync, solusi tentang menghubungkan setiap orang dalam berkomunikasi melalui cara baru, kapan saja dan dimana saja.

image

 

Jadi, sebagai brand baru, Lync dapat dipadankan dengan OCS sebagai berikut:

Product

2010 Release

2007 Release

Family

Microsoft Lync

Microsoft Office Communications

The server

Microsoft Lync Server 2010

Microsoft Office Communications Server 2007 R2

The client

Microsoft Lync 2010

Microsoft Office Communicator 2007 R2

The service

Microsoft Lync Online

Microsoft Office Communications Online

The web client

Microsoft Lync Web App

Microsoft Office Communicator Web Access

 

Bagi anda yang ingin mencoba versi Release Candidate dari Lync ini, bisa menuju ke tautan berikut ini: http://technet.microsoft.com/en-us/evalcenter/ff808407.aspx.

Lebih lanjut mengenai informasi ini bisa dibaca di blog dari Unified Communications team dari Microsoft: http://blogs.technet.com/b/uc/archive/2010/09/13/introducing-microsoft-lync-the-next-ocs.aspx.

 

Salam,

Raymond Engelbert

One thought on “Microsoft Lync, nama baru untuk OCS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *