Membersihkan Disconnected Mailbox pada Exchange 2007/2010

Disconnected Mailbox, seperti yang telah kita ketahui merupakan sebuah mailbox yang berada dalam kondisi tidak terkoneksi akibat dari penghapusan suatu mailbox. Disconnected Mailbox sendiri bertujuan untuk memberi kesempatan pada pengelola Exchange Server untuk menyelamatkan mailbox jika terjadi kesalahan penghapusan mailbox ataupun ingin melakukan investigasi pada isi mailbox dari sebuah mailbox yang telah dihapus.

Namun, setiap kali kita menghapus mailbox, maka daftar Disconnected Mailbox akan bertambah. Sementara jika kita menganggap semua mailbox yang sudah dihapus tidak perlu di backup lagi, maka kita harus membersihkan Disconnected Mailbox tersebut.

image

 

Pada Exchange 2007 serta 2010, untuk menghapus Disconnected Mailbox, harus kita lakukan melalui Exchange Management Shell. Berikut adalah caranya:

1. Buka Exchange Management Shell.

2. Jalankan perintah berikut:

$Users = Get-MailboxStatistics -Database "<nama mailbox database>" | Where { $_.DisconnectDate -ne $null } | Select DisplayName,MailboxGuid

3. Kemudian jalankan sebuah perintah lagi:

$Users | ForEach { Remove-Mailbox -Database "<nama mailbox database>" -StoreMailboxIdentity $_.MailboxGuid -Confirm:$false }

4. Disconnected Mailbox akan terhapus seluruhnya.

image

 

Semoga informasi ini berguna.

 

Salam,

Raymond Engelbert

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *