[Troubleshooting] Exchange 2007: Gagal membuat Receive Connector baru

Asumsi, anda mempunyai struktur Active Directory Single Forest, Multiple Domain. Katakanlah seperti ini:

image

 

Anda menginstall Exchange 2007 di salah satu dari child domain yang ada. Semua berjalan lancar sampai pada saat anda telah melakukan update Exchange 2007 anda ke Service Pack terbaru, anda mencoba membuat Receive Connector baru dan muncul error sebagai berikut:

Failed

Error:
Active Directory operation failed on <nama domain>. This error is not retriable. Additional information: The parameter is incorrect.
Active directory response: 00000057: LdapErr: DSID-0C090C30, comment: Error in attribute conversion operation, data 0, v1db0

The requested attribute does not exist.

image

 

Maka, mengacu pada tautan http://technet.microsoft.com/en-us/library/ff607233(EXCHG.80).aspx, ada satu bagian yang wajib kita harus selalu ingat:

image

 

Jika pada skenario Single Forest & Single Domain, maka kita tidak perlu bingung karena pada saat update Service Pack, maka akan dilakukan Prepare Active Directory (termasuk di dalamnya Prepare Schema). Nah, pada skenario anda menginstall Exchange di child domain, maka anda harus melakukan Prepare Active Directory (termasuk di dalamnya Prepare Schema) pada root domain. Caranya adalah, login ke server Domain Controller yang bertindak sebagai Schema Master, lalu jalankan Prepare Schema menggunakan file instalasi dari Exchange Server service pack melalui command prompt: setup.com /PrepareSchema.

clip_image002

 

Anda juga dapat menjalankan setup.com /PrepareAD untuk prepare Active Directory.

Pastikan user yang anda gunakan untuk melakukan Prepare Schema termasuk dalam member Schema Admins. Lebih jauh tentang Prepare Active Directory beserta permission nya: http://technet.microsoft.com/en-us/library/bb125224(EXCHG.80).aspx.

Kembali ke topik, setelah selesai Prepare Schema, maka anda bisa membuat Receive Connector:

image

 

Salam,

Raymond Engelbert

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *