Lepide Exchange Recovery Manager (Review)

Lepide Exchange Recovery Manager merupakan satu dari sekian tools untuk recovery item dari Exchange Server yang ada di pasaran. Tools seperti ini tentunya menjadi penting bagi tim IT yang di perusahaannya menggunakan Exchange Server. Bayangkan apabila ada kejadian dimana terjadi corrupt di sisi mailbox (baik database maupun isi dari mailbox), dan anda perlu restore sesegera mungkin. Bayangkan juga kasus dimana hanya satu item yang ingin direstore dari ribuan mailbox, tentunya butuh tools yang bisa recovery dengan cepat.

Versi Exchange 2010 sudah didukung untuk tools ini, bahkan kita juga bisa menggunakan tools ini sebagai sarana migrasi ke Office 365. Fitur yang disediakan oleh tools ini antara lain Repair database yang corrupt (extract item ke PST), Restore item secara granular, Restore OST, Email Search, Konversi EDB ke PST, Extract dari Exchange Backup, Migrasi Data (antar Exchange atau ke Office 365).

Saya mencoba beberapa fitur yang ada, terutama untuk search item dalam database Exchange (baik online maupun offline), serta kapabilitas untuk extract ke PST ataupun single item restore. Versi trial dari Lepide Exchange Manager bisa diunduh disini.

Berikut tampilan saat membuka database Exchange yang offline:

clip_image002

clip_image002[6]

clip_image002[8]

 

Berikut tampilan saat membuka mailbox yang online:

clip_image002[10]

clip_image002[12]

clip_image002[14]

 

Kita bisa export item ke PST:

clip_image002[16]

clip_image002[18]

 

Atau bisa juga import single item ke PST:

clip_image002[20]

clip_image002[22]

clip_image002[24]

clip_image002[26]

clip_image002[28]

 

Terakhir, tools ini juga mempunyai fitur reporting:

clip_image002[30]

clip_image002[32]

clip_image002[34]

clip_image002[36]

 

Kesimpulan saya, tools ini sangat bermanfaat untuk recovery item dari Exchange server, dan juga mudah untuk digunakan. Fitur-fitur yang disediakan termasuk cukup lengkap. Ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk tim IT anda. Semoga review ini bisa bermanfaat.

Tentang Lepide

Lepide memulai perjalanannya pada tahun 2005 dengan nama awal Nucleus Data Recovery, dengan beberapa produk yang superior di area email recovery, password recovery, data recovery dan email migration serta file repair. Tahun 2010, berganti nama ke Lepide Software dan membawa semua tools baik data recovery dan network management menjadi satu badan usaha. Hingga kini, tools Lepide banyak digunakan di berbagai lini seperti IT Security, IT Management maupun IT Enterprise Level.

Jika anda ingin mencoba tools diatas, bisa langsung mengunduh versi trialnya di website Lepide.

NB: Saya menulis review ini setelah dengan mencoba versi trial yang bisa diminta melalui halaman website Lepide. Tidak ada bayaran apapun dari review yang saya berikan ini, dan hanya ditujukan untuk informasi saja. Hak cipta produk Exchange Recovery Manager ada pada Lepide.

 

Salam,

Raymond Engelbert

Leave a Reply

Your email address will not be published.