Jika anda pengguna OCS 2007 R2 dan Communicator 2007 R2 sebagai client side untuk instant messaging dan juga PC to PC calls, mungkin anda pernah mengalami masalah tidak bisa melakukan panggilan dan muncul error seperti ini:
Salah setting di server? bukan, jadi jangan cepat-cepat menuduh sang implementor ataupun administrator anda di kantor. Hanya butuh sedikit trik dan pemahaman. Pada error tertulis bahwa ada level keamanan yang tidak sama, ibaratnya saya melakukan panggilan tanpa enkripsi dan di ujung sana yang menerima menggunakan enkripsi (sekali lagi ini kita bicara di sisi client).
Caranya adalah, log out dan keluar terlebih dahulu dari communicator anda, lalu download communicator.adm untuk Communicator 2007 R2 yang bisa didapat dari Download details- Microsoft Office Communications Server 2007 R2.
Setelah download, extract file communicator.adm:
Langkah selanjutnya adalah buka Microsoft Management Console dengan cara klik start lalu ketik mmc dan tekan Enter (pada Windows 7, jika XP ketik di Run…). Pada console MMC, klik File lalu pilih Add/Remove Snap In. Pada Add/Remove Snap In, pilih Group Policy Object dan Add:
Expand Local Computer Policy, lalu Computer Configuration, lalu klik kanan pada Administrative Templates dan pilih Add/Remove Templates. Kemudian masukkan file communicator.adm tadi:
Expand Administrative Templates>Classic Administrative Templates (ADM)>Microsoft Office Communicator Policy Settings>Microsoft Office Communicator Feature Policies. Pilih “Specify encryption for computer-to-computer audio and video calls”:
Pilih opsi Enabled dan pastikan pilihan pada How To Handle Encryption adalah Support Encryption (Default):
Hasil perubahan tersebut juga akan ditambahkan ke registry HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Communicator dengan tipe entry REG_DWORD PC2PCAVEncryption:
Nilai pada entry tersebut mempunyai arti setting:
Jika sudah, jalankan kembali communicator anda dan login, lalu coba lakukan panggilan lagi:
Catatan: Error sering terjadi pada kondisi federasi ataupun integrasi OCS dengan aplikasi lain. Jika terjadi error karena integrasi dengan Unified Messaging, maka cek setting Voip Security di UM server anda.
Salam,
Raymond Engelbert
Mantap mass!!!
gan, kalau kejadian di communicator ane, kita bisa login, bisa call, tapi gak bisa ngetik
bisa kasih pencerahan ya gan, thanks in advance
Bandwith upstream/downstream yang disediakan untuk OCS nya mencukupi? btw, ga bisa ngetik disini maksudnya apakah betulan tidak bisa chat atau chat nya tidak bisa terdeliver? Ada screen capture nya?